HTTP verbal Method [GET, POST, PUT, DELETE, HEAD,TRACE,OPTION, CONNECT]

Pembahasan HTTP verbal method ditujukan agar kita lebih mengerti bagaimana sebenarnya sebuah aliran komunikasi terjadi pada sisi client dan sisi server. Okey disini saya anggap bahwa anda telah memahami pengertian HTTP dan HTML.

Saat ini banyak menyarankan bahwa penggunaan dalam sisi programming menggunakan GET dan POST. Apa sih alasannya ? Jawabannya adalah tidak semua pendukung client (Browser) memenuhi syarat semua jenis HTTP verbal Method, kecuali GET dan POST mendukung disemua jenis Browser. Nah sekarang sudah mulai pahamkan ? HTTP verbal Method selain GET dan POST digunakan untuk hal yang lain atau bisa saja untuk koneksi khusus yang dilakukan aplikasi pihak ketiga terhadap sisi server.

 

OPTION
method OPTION berfungsi untuk mengetahui HTTP verbal Method mana yang dapat diakses terbuka oleh client. Misalnya yang bisa diakses hanya GET,POST,PUT,DELETE selain itu dimatikan. Semua konfigurasi itu dilakukan oleh pihak System Administrator.

CONNECT
method CONNECT digunakan untuk sambungan langsung ke webserver, seperti koneksi penggunaan proxy, pengamanan SSL, dan komunikasi HTTPS yang terenkripsi.
format HEADER :

CONNECT alamatIP:port HTTP/1.0
Host: alamatIP
Proxy-Connection: keep-alive
Connection: keep-alive

GET
method GET digunakan untuk mengirim pemintaan ke WebServer dengan mengambil data dari hasil reponse yang diberikan misal ingin akses http://laos.cs.unej.ac.id/index.php menandakan bahwa kita meminta sebuah isi data pada index.php dan index.php ini adalah path atau letak.
format HEADER

GET path HTTP/1.1
Host: alamat

HEAD
method HEAD untuk mendapatkan sebuah informasi URL dari WebServer hampir mirip POST namun HEAD tidak disertai datanya
format HEADER

HEAD /laos HTTP/1.1
Host: alamat
Connection: close
Accept-Encoding:
Referer: alamat(bisa alamat yang lain)

POST
method POST untuk mengirimkan sebuah data ke server melalui blank space pada sebuah header. seperti kita mengisis form, upload file, dll.
format HEADER

POST /proses.php HTTP/1.1
Host: alamat
Content-length: 20 (sesuai panjang data)
Content-type: application/x-www-form-url-encoded

isi data yang dikirimkan

PUT
method PUT hampir mirip dengan POST namun, PUT dianggap idempotent dan PUT sudah ditetapkan sesuai URI sehingga pengiriman dan memuat data PUT sesuai sumber URI-nya alias harus tepat dan sesuai. contoh sederhananya anda membutuhkan untuk pengiriman data berulang-ulang maka itu dapat ditangani oleh PUT bukan POST.

PUT http://laos.cs.unej.ac.id/system/proses.php

DELETE
method DELETE digunakan untuk menghapus sebuah data ataupun sumber daya pada Server. Pertama, anda menggunakan DELETE mengikuti aturan standar HTTP. Kedua, method DELETE harus diaktifkan pada server anda. INGAT ! sebenarnya menghapus data bisa ditangani dengan POST namun lebih aman DELETE.

TRACE
method TRACE berguna untuk debugging dari sebuah request HTTP dengan mengembalikan status dan kode yang diberikan. Jika kita mengetahui TRACE dengan kehebatan mampu mengambil informasi secara diam-diam pada cookies dan data otentikasi.
contoh hasil debugging yang diberikan

Status: HTTP/1.1 403 Forbidden Access

format Header

TRACE / HTTP/1.1
Host: alamat

maka hasil response keluar

lalu ditindas yang kedua kalinya
TRACE / HTTP/1.1
Host: alamat

 

Terima kasih telah membaca postingan ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow me